Jual Alat Kesehatan dan Jas Dokter Murah

JASMINE MEDICAL SURABAYA. JL. GUBENG KERTAJAYA 4 RAYA NO 9 SURABAYA. Buka SENIN sd JUMAT 16.00-20.00, SABTU-MINGGU SESUAI PERJANJIAN. No Hp/sms/whatsapp/line: 081332634645

BlogDokter Khitan Surabaya

Jasmine Medical Surabaya melayani khitan/sirkumsisi di Surabaya. Alamat kami di: Jl. Gubeng Kertajaya 4 Raya No. 9 Surabaya No Hp/sms/whatsapp/line: 081332634645

30 Oktober 2008

Ilmu Penyakit Paru: Asma Bronkial

| 30 Oktober 2008 | 1 komentar




Olahraga pada penderita asma…bolehkah?

Sesak napas bisa mengakibatkan kerja otot-otot saluran napas tidak seimbang satu sama lain. Untuk menguatkan dan menyeimbangkannya, pengidap asma disarankan untuk berolahraga. Pada artikel sebelumnya disebutkan bahwa olahraga merupakan salah satu factor pencetus asma. Tapi di sisi lain memang, olah raga ibarat pisau bermata dua pada penderita asma. Sebenarnya olahraga yang bagaimanakah yang dilarang dan bagaimanakah yang dianjurkan?

Sebenarnya kegiatan yang dimaksud olahraga adalah kegiatan otot tubuh yang volume dan intensitasnya melebihi yang biasa dikeluarkan seseorang dalam kehidupan sehari-hari, yang dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Yang menjadi pencetus asma ialah olahraga yang tidak rutin dilaksanakan dan langsung olahraga berat. Misal badminton, tennis, jogging. Hal ini mengingat bahwa setiap peningkatan kegiatan fisik selalu harus disertai peningkatan penyediaan oksigen dalam darah, maka selalu akan terjadi peningkatan frekuensi maupun intensitas pernafasan. Bersamaan dengan itu akan terjadi peningkatan peredaran darah (jantung akan bekerja lebih keras dan lebih cepat, sehingga darah mengalir lebih cepat dan banyak untuk dapat mengantar oksigen yang sekarang dibutuhkan lebih banyak) . Konsekuensinya akan ada pula peningkatanpenguapan air dalam saluran pernafasan, dengan kata lain akan ada pendinginan mendadak setempat. Pendinginan saluran pernafasan inilah yang menjadi faktor pencetus terjadinya asma.



Sebaliknya olahraga yang dianjurkan untuk penderita asma adalah olah raga yang dimulai secara bertahap, didasari rasa senang dan hobi, dan tidak ada paksaan untuk secara segera bermain mati-matian. Dengan demikian system pernafasan dan peredaran darah tidak akan menerima beban yang terlalu berat secara mendadak, dengan kata lain peningkatan pernafasan akan terjadi secara bertahap, dan dengan demikian factor pendinginan juga tidak akan mengkagetkan dan pasien tidak akan mendapat serangan sesak. Juga dengan olah raga teratur akan ada rangsangan yang teratur pula untuk menghasilkan hormone adrenalin tubuh yang memang diperlukan untuk peningkatan aktifitas tubuh, dan yang kebetulan juga dapat melonggarkan pernafasan.Jadi, masih ragukah anda untuk olahraga??



Readmore..

28 Oktober 2008

INFO SEMINAR KEDOKTERAN

| 28 Oktober 2008 | 1 komentar

Seminar dan workshop USG PADA KEHAMILAN bulan November (setelah UKDI). Biaya seminar 1,5 juta, seminar dan workshop 3 juta hanya utk 30 peserta. Tertarik? hubungi dr. Dina PS (031)60229468.

OK..semoga bermanfaat.


Readmore..

LOWONGAN DOKTER

| | 0 komentar

Info klinik butuh DOKTER UMUM di Jl. Pandegiling 320 kav 5 Surabaya. Hubungi (031)72168214.


semoga bermanfaat..


Readmore..

26 Oktober 2008

Info PTT Pusat 2009

| 26 Oktober 2008 | 54 komentar




PTT PUSAT DEPKES 2009

1.April atau September:
Pendaftaran akhir Februari atau Juli, berangkat per 1 April atau September. Pilihan 6 bulan dan 1 tahun.

2.Juni:
Pendaftaran akhir April, berangkat per 1 Juni. Pilihan 6 bulan dan 1 tahun.

PENGUMUMAN PENERIMAAN DR/DRG PTT PUSAT DEPKES 2009 SUDAH DIBUKA dapat dilihat di Pendaftaran secara on-line di website www.ropeg-depkes.or.id

Assalamu'alaikum..

Kabar gembira bagi teman-teman sejawat dokter sekalian, tanggal 6 Februari 2009 yang lalu di http://www.ropeg-depkes.or.id/ telah dibuka PENGUMUMAN PENERIMAAN DR/DRG PTT PUSAT DEPKES 2009. Ini dia informasinya:

Penerimaan dokter/dokter gigi PTT tahun 2009 :
1. Pengangkatan dokter atau dokter gigi PTT tahun 2009 pada 01 April 2009, 01 Juni 2009 dan 01 September 2009.
2. Pemberangkatan serentak pada awal April 2009.
3. Prosedur pendaftaran dan kelengkapan berkas:
a. Pendaftaran secara on-line di website www.ropeg-depkes.or.id
b. Berkas dikirim ke PO BOX 1003 JKTM 12700 terdiri dari :
1. Print out hasil registrasi on -line melalui website www.ropeg-depkes.or.id
2. Asli Surat Keterangan Sehat terbaru dari dokter Pemerintah (Puskesmas/RS Pemerintah)
3. Foto copy ijazah Profesi dokter yang telah dilegalisir asli
4. Foto copy STR yang diterbitkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (BUKAN LEGALISIR ASLI)
5. Surat Pernyataan (Download di website www.ropeg-depkes.or.id) terdiri dari :

l. Tidak terikat kontrak dengan instansi lain
2. Bersedia betugas untuk waktu yang telah ditentukan
3. Tidak mengambil cuti selama penugasan
(dibuat 2 (dua) lembar, 1 (satu) lembar bermaterai dan 1 (satu) lembar copy)
4. Foto copy KTP/domisili yang disyahkan oleh pejabat pemerintah yang berwenang (legalisir asli RT/RW Lurah,Camat)
5. Foto copy surat nikah (bagi suami atau istri yang sama-sama mendaftar)



Semoga bermanfaat..

Readmore..

20 Oktober 2008

Ilmu Penyakit Paru: Asma Bronkhial

| 20 Oktober 2008 | 1 komentar


Asma Bronkhial yang biasa dikenal dengan sakit bengek, asma, mengi, ampek merupakan penyakit saluran nafas yang cukup banyak ditemui di masyarakat terutama anak kecil. Di dunia prosentasi penderita asma diperkirakan sekitar 7,2 % ( 6% pada orang dewasa dan 10% pada anak-anak)
Secara klinis, asma adalah suatu serangan sesak yang disertai suara nafas ngik-ngik (Dalam bahasa kedokteran disebut wheeze/wheezing ) yang dapat timbul sewaktu-waktu dan dapat hilang kembali (sempurna atau hanya sebagian), baik secara spontan maupun dengan obat-obatan tertentu. Selain itu terjadi kemunduran beberapa fungsi pernafasan karena penyempitan saluran pernafasan bagian bawah yang juga bersifat reversibel. Penyempitan utamanya terjadi karena nafas yang berbentuk pipa kecil mengkerut. Selain itu produksi dahak yang berlebihan juga mempersempit saluran nafas. Hal ini selain mengakibatkan sesak nafas juga akan mengakibatkan pasien asma akan mengeluh batuk untuk mengeluarkan dahak yang ada di saluran nafasnya.




Kenapa bisa terjadi serangan?

Sebenarnya dasar ilmiah utama asma bronkhial adalah terjadinya peradangan (inflamasi ) pada paru pasiennya. Selain itu pada pasien juga terjadi hiperreaktifitas saluran nafas, artinya saluran nafasnya mudah terangsang. Sebagai analogi mungkin dapat dimisalkan bahwa saluran napas pasien asma adalah seperti putri malu, kalau disenggol akan kuncup, sementara saluran napas orang sehat dimisalkan seperti daun mangga yang bila disenggol tidak akan kuncup. Jadi, kalau ada debu beterbangan, misalnya, maka orang asma akan mengeluh sesak, sementara orang sehat-yang saluran napasnya tidak hiperaktif-terkena debu yang sama tidak akan mengeluh apa-apa. Inilah salah satu beda mendasar antara orang asma dengan yang tidak asma.
Daun putri malu baru akan menguncup kalau disentuh. Kalau tidak disentuh dia tetap berkembang. Demikian juga dengan orang asma, harus ada sesuatu yang "menyentuh"-nya. Kerentanan seorang penderita asma terhadap satu atau lebih faktor pencetus lain bervariasi dari seorang ke orang lain. Berbagai macam faktor yang dapat menjadi pencetus terjadinya asma antara lain :
1. Fisik misalnya udara yang dingin, latihan fisik/jasmani, kurang tidur.
2. Kimia non industri misalanya pengharum atau penyegar ruangan
3. Berbagai asap
4. Kimia industri dan laboratorium
5. Infeksi, muali dari pilek, sinusitis (infeksi rongga hidung), infeksi kerongkongan ( faringitis) dan lain-lain
6. Obat dan makanan tertentu
7. Faktor psikogen
8. Faktor allergen yang berada di udara dan bahan-bahan pencetus organis lain.

Bagaimana gejala terjadi serangan?

Saat serangan asma, biasanya pasien menunjukkan penampilan khas yaitu sesak nafas berat dengan suara ngik-ngik yang terdengar pada pernafasan, muka tegang. Tampak pula cuping hidung melebar yang saat bernafas, dan otot nafas bantuan bekerja secara aktif ( tampak jelas pada leher depan dan kiri). Selain itu penderita berkeringat banyak dengan jantung yang berdenyut cepat disertai batuk-batuk tanpa mengeluarkan dahak (baru akan keluar setelah serangan mereda). Apabila serangan parah maka bibir, lidah, kuku akan berwarna kebiru-biruan. Serangan biasanya sering terjadi pada malam hari atau menjelang dini/pagi hari. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon kortisol yang kadarnya rendah ketika pagi serta berbagai faktor lainnya.


Readmore..

18 Oktober 2008

DOA

| 18 Oktober 2008 | 0 komentar

Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu yang kami sadari. Kami mohon ampun kepada-Mu terhadap apa yang kami tidak mengetahuinya.



Readmore..

08 Oktober 2008

Soal UKDI dan Try Out UKDI

| 08 Oktober 2008 | 3 komentar


Berhubung banyaknya permintaan tentang contoh-contoh soal Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) dan Contoh soal Try Out UKDI berikut ini aku akan pajang beberapa contoh soalnya.

1. Seorang perempuan berusia 32 tahun yang menderita diabetes mellitus tipe 1 mengalami gagal ginjal progresif dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Dialisis belum dilakukan pada pasien ini. Pemeriksaan fisik tidak menunjukkan tanda-tanda abnormalitas. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar hemoglobin = 9 g/dl, hematokrit = 28 %, m3. Apus darah tepi dan MCV 94 normositer dan normokromik.mmenunjukkan sel-sel eritrosit Manakah jawaban di bawah ini yang paling mungkin sebagai penyebab kondisi pasien tersebut ?
A) Perdarahan akut
B) Leukemia limfositik kronik
C) Anemia Sideroblast
D) Defisiensi erythropoietin
E) Defisiensi enzim eritrosit

2. Seorang laki-laki berusia 30 tahun yang sebelumnya dalam keadaan sehat, menderita demam dan pruritus, berkeringat malam, serta menemukan benjolan di atas klavikula sinistra selama tiga minggu. Pemeriksaan fisik menunjukkan pembesaran nodus lymphatikus yang tidak nyeri, berdiameter 3 cm, berkonsistensi kenyal dan berlokasi di regio supraklavikula. Pemeriksaan sinar X thoraks memberi kesan adanya limfo-adenopati mediastinal. Manakah jawaban yang paling tepat di bawah ini yang merupakan penyebab penyakit pada pasien tersebut?

A) Tuberkulosis
B) Karsinoma metastatik
C) Penyakit Hodgkin
D) Sarkoidosis
E) Mononukleosis infeksiosa

3. Seorang anak laki-laki berusia 8 digigit oleh seekor lebah. Dalam lima menit terlihat lesi yang membengkak, berukuran 2 cm, dan berwarna merah di tempat gigitan tersebut. Di antara jawaban berikut, temuan manakah yang dominan pada lesi gigitan tersebut ?
A) Reaksi terhadap korpus alienum
B) Perdarahan
C) Infiltrasi limfositik
D) Migrasi neutrofilik
E) Vasodilatasi


Untuk contoh soal berikutnya kalian dapat download di widget Download di bagian kakan weblog ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sejawat dokter..

Readmore..

Doa-Doa Di Dalam Al Qur'an

| | 0 komentar



Al-Quran sebagai kalam Allah dan pedoman hidup bagi setiap muslim, mengandung banyak doa-doa. Sebagian doa-doa tersebut adalah:
1. Doa Pembangunan
"Ya Tuhan, terimalah kebaktian kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada-Mu, dan jadikanlah pula anak turunan kami umat yang tunduk patuh kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, serta terimalah taubat kami. Sungguh Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang!." (QS. Al-Baqarah: 127-128).
Penjelasan
Doa ini baik sekali dibaca setelah selesainya membangun rumah, mesjid, pesantren, madrasah dan pembangunan yang lain.
Dikisahkan dalam Al-Quran bahwa Nabi Ibrahim a.s. membaca doa ini setelah selesai membangun Baitul Haram (Kabah). Yang pada waktu itu ditimpa banjir besar (zaman Nabi Nuh as), kemudian Nabi Ibrahim dibantu puteranya Ismail as membangun kembali ka'bah tersebut. Setelah selesai mereka berdua mengangkat tangan seraya berdoa dengan lafazh doa di atas.


2. Doa Sapu Jagad
"Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah: 201).
Penjelasan
Dalarn Al-Quran dijelaskan bahwa doa ini dibaca oleh orang-orang muslim yang tulus setelah selesai melaksanakan haji.
Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan pula bahwa doa ini mengandung seluruh kebaikan di dunia dan akhirat serta menghindarkan dari segala kejelekan. Oleh karena baik sekali doa ini dibaca pada setiap kesempatan.

3. Doa Tabah Menghadapi Lawan
"Ya Tuhan, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, kokohkanlah pendirian kami, serta tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir." (QS. Al-Baqarah: 250).
Penjelasan
Dijelaskan dalam Al-Quran, bahwa doa ini dibaca oleh sekelompok mukmin yang bergabung dengan pasukan Thalut melawan jalut. Sehingga dengan doa tersebut dan izin Allah Swt. pasukan Thalut dapat mengalahkan Jalut, dan Dâud membunuh Jalut.

Readmore..

Nyeri dada (chest pain)

| | 0 komentar

Nyeri dada atau chest pain dpt brasal dr kelainan jantung maupun diluar jantung. dr jantung antara lain penyakit pembuluh darah koroner seperti: angina pektoris, infark myokard akut, aorta stenosis, perikarditis akut dan aneurisma aorta yg mengalami diseksi.Sedangkan nyeri dada dr luar jantung antara lain: sistem respirasi(bronkitis,pneumothorax), neuromuskular, skeletal, psikiatri dan sistem gastrointestinal.


Readmore..

06 Oktober 2008

OPERASI KATARAK GRATIS

| 06 Oktober 2008 | 2 komentar

Dalam rangka WORLD SIGHT DAY, PERDAMI Cab Jawa Timur bekerjasama dg SURABAYA EYE CLINIC (SEC) mengadakan OPERASI KATARAK GRATIS TGL 18 OKT 2008 di SEC Jl. Jemursari 108 Surabaya. Informasi sebelum tgl 14 OKT 2008 ke dr. Rosalina Sp.M di 03170522502 atau 08113419344.

INFORMASI BISA DISEBARKAN LHO...
dr. Yasin Fadillah



Readmore..

01 Oktober 2008

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H

| 01 Oktober 2008 | 2 komentar

Dalam perjalanan hidup ini lidahku yg setajam pisau, tangan kakiku yg penuh duri mgkn menusuk hati..
Taqobbalallahu minna wa minkum, amalina wa amalikum..Taqobbal yaa kariim..setelah kita berpuasa sebulan penuh, saatnya kita capai kemenangan di hari nan fitri. keluarga besar yasin fadillah mengucapkan mohon maaf lahir dan batin..semoga ALLAH Swt mempertemukan kita di Ramadhan berikutnya..met ied 1429 H..



Readmore..
 
© Copyright 2010. Blog Dokter Indonesia . All rights reserved | FK UNAIR 2002 is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com